. Widya Permatasari: Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Rabu, 11 Januari 2012

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Globalisasi muncul karena adanya bangsa-bangsa. Masalah Globalisasi merupakan suatu ketergantungan dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan budaya antarbangsa di dunia. Globalisasi terbentuk karena beberapa faktor, yaitu :

1.Kebijakan negara untuk berhubungan dan menjalin kerja sama dengan negara lain.
2. Sistem ekonomi internasional
3. Adanya migrasi penduduk ke berbagai negara
4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
5. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional

Penyebab meningkatnya globalisasi ada tiga faktor, yaitu:
a.Adanya Perubahan Politik Dunia
Menurut Anthony Giddens, ada sejumlah pengaruh politik yang memengaruhi meningkatnya globalisasi. Yaitu:
1) Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan Jatuhnya Komunisme Model Soviet.Sejak bubarnya Uni Soviet, negara-negara bekas blok Soviet seperti Rusia, Polandia, Republik Ceko, dan lain-lain bergerak mengikuti sistem politik dan ekonomi Barat.
2) Munculnya Mekanisme Pemerintahan Internasional dan Regional
Mekanisme pemerintah internasional dan regional misalnya PBB dan Uni Eropa.
3) Munculnya Organisasi Antarpemerintah (Intergovernmental Organizations/IGOs) dan Organisasi Non-pemerintah Internasional (Internasional Non-Governmental Organizations/INGOs)
Organisasi-organisasi internasional ini mendorong terjadinya komunikasi dan interaksi antarpemerintah atau masyarakat antarnegara. Hal ini juga mendorong meningkatnya globalisasi

b.Adanya Aliran Informasi yang cepat dan luas
Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi mendorong tiap-tiap individu bisa berhubungan dengan cepat. Selain itu, kemajuan di bidang teknologi juga menbuat individu dapat mengakses informasi dengan cepat, baik informasi dari dalam negeri maupun luar negeri

c.Berkembang Pesatnya Perusahaan-Perusahaan Transnasional.
Perusahaan transnasional atau transnational corporations (TNCs) adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa di lebih dari satu negara.

9 komentar:

  1. ko ga bisa di copas sih?
    saya ada tugas kuliah buat copas tentang globalisasi nih, padahal artikel nya bagus nih ckck

    BalasHapus
  2. makan tuh gk bisa di copas wkwkwkwkwkwk

    bisa di copas kok.,.,., computernya kalik yg agak jadul kwwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw pake windows 8 juga gak bisa ini.. laptop lo apa sih hahahahahaah

      Hapus
    2. gw juga nih pake macbook juga gak bisa kenapa sih nihhh...

      Hapus
    3. sombong banget dah nih padaa ckckckckckckckckckck gw pake dell kok dan gw bangga hahahahahahaha

      Hapus
  3. Thanks ya bang .. sering2 buat artikel untuk orang yang membutuhkan

    BalasHapus
  4. boleh minta referensi teorinya darimana aja?
    salam www.info-condotel.blogspot.com

    BalasHapus
  5. trimakasih gan...membantu saya menyelesaikan tugas kampus :)

    BalasHapus

masukkan komentar anda.

 

Blog Template by YummyLolly.com

Share |